Minggu, 22 Januari 2012

PELANTIKAN PENGGALANG RAKIT DAN TERAP SMP NEGERI 1 BINANGUN

Dewasa ini, baik di media cetak maupun elektronik kita disuguhi dengan berbagai berita tentang kenakalan dan dekadensi moral serta menurunnya rasa patriotisme di kalangan pelajar dan remaja, seperti tawuran, pelecehan seksual, dan lain-lain. Hal ini terjadi salah satunya karena derasnya arus informasi lewat teknologi informasi dan komunikasi, seperti pemanfaatan internet untuk pelajar. Oleh karena itu, sudah saatnya digalakkan pendidikan karakter di semua jenjang pendidikan, baik formal maupun non formal.

Salah satu upaya yang dilakukan SMP Negeri 1 Binangun dalam mensukseskan Pendidikan Karakter adalah dengan penyelenggaraan Kegiatan Ekstra Pramuka di Sekolah.

Pramuka sebagai pelengkap pendidikan formal di sekolah dan pendidikan informal di keluarga diharapkan mampu mencetak pelajar sebagaimana tujuan dari Pendidikan Kepramukaan yaitu untuk : (1) membentuk karakter kaum muda sehingga memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia, (2) menanamkan semangat kebangsaan agar kaum muda cinta tanah air dan memiliki semangat bela Negara, dan (3) membekali kaum muda dengan berbagai ketrampilan hidup (life skill).

Dari dasar pemikiran itulah, Gudep Rama Shinta SMP Negeri 1 Binangun mengadakan serangkaian Kegiatan dalam rangka Pelantikan Pramuka Penggalang Rakit dan Terap di Pelataran Masjid Manzilul Muslimin Dusun Cirungkung Desa Glempangpasir Kecamatan Adipala pada hari Sabtu – Ahad, tanggal 7 – 8 Januari 2012 kemarin.

Rangkaian kegiatannya meliputi : Uji Syarat Kecakapan Umum (SKU) Long March sekitar 10 KM dari Kampus SMP Negeri 1 Binangun menuju Masjid Manzilul Muslimin Desa Glempangpasir, Achievment Motivation Training (AMT) bersama Trainer Motivasi Mohammad Noer dari Purwokerto, dan Bhakti Sosial.

Dalam pelatihan motivasinya, M. Noer, salah satu Master Hypnosis Purwokerto memberikan motivasi tentang kesiapan mengikuti Ujian Nasional, karena 80 persen peserta berasal dari kelas IX. Beliau memprogram alam bawah sadar salah satu peserta supaya siap mengikuti Ujian Nasional dengan program dejavu. Tampak semua peserta antusias mengikuti pelatihan tersebut.
***

Drs. Muktyo Yuwono, Kepala SMP Negeri 1 Binangun mengharapkan dengan terlaksananya kegiatan tersebut dapat mencetak anggota pramuka penggalang yang berpengetahuan luas, memiliki ketrampilan (life skill), mandiri, punya kepekaan dan kepedulian sosial serta dapat mensukseskan pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah saat ini.
***

Tidak ada komentar: