Sabtu, 11 Oktober 2008

CARANYA MENGHILANGKAN LUKA-LUKA EMOSIONAL DENGAN EFT

Ketika Anda mengalami luka fisik, seperti luka di wajah, tubuh Anda otomatis membentuk selaput luka, yang lebih kuat dan lebih tebal dari pada daging aslinya. Maksud selaput luka ini adalah untuk membentuk penutup pelindung, cara alam untuk mencegah luka di tempat yang sama.

Kita cenderung melakukan hal yang sama setiap kali kita mengalami luka emosional, ketika seseorang melukai kita. Kita bentuk luka-luka emosional atau spiritual untuk melindungi diri kita. Kita pandai untuk mengeraskan hati, kebal terhadap dunia, dan menarik diri ke dalam semacam tempurung pelindung emosional.

Banyak orang mengalami luka-luka emosional tanpa pernah menderita luka fisik. Dan akibatnya pada kepribadian sama saja. Orang-orang ini pernah dilukai seseorang di masa lalunya. Untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terluka lagi mereka bentuk selaput luka spiritual, luka emosional untuk melindungi ego mereka. Tetapi selaput luka ini, “melindungi” mereka bukan saja terhadap individu yang semula melukai mereka, melainkan juga semua manusia lainnya. Terciptalah dinding emosional yang tak dapat ditembus teman ataupun lawan.

Luka-luka emosional yang terbentuk biasanya akan tertanam di bawah sadar dan terbawa terus hingga dewasa. Luka-luka emosional yang dibentuk sejak kecil karena perilaku didik orang tua yang menyakitkan dan merendahkan anak, akan terus terbawa dan mempengaruhi perilaku.Bahkan banyak kasus ketakutan orang tua yang ditunjukan dengan melarang seorang anak melakukan sesuatu akan terbawa dan berwujud menjadi trauma dan selanjutnya trauma itu akan mewujud menjadi penyakit fisik yang menyakitkan sepanjang hidup, kecuali luka-luka emosional itu dapat dihilangkan.

BAGAIMANA EFT BEKERJA MENGHAPUS LUKA-LUKA EMOSIONAL?

Ketika seseorang mengalami luka secara emosional, seperti marah, kesal, kecewa atau sedih, maka aliran sistim energi dalam tubuh akan mengalami gangguan. Terganggunya aliran energi tubuh pada tahap selanjutnya akan menjelma menjadi penyakit fisik. Bagaimana luka emosional dapat dihapus dengan teknik EFT, berikut adalah langkah-langkah teknik EFT yang sederhana tapi efektif dalam mengatasi hampir semua masalah emosional. Secara lengkap Anda bisa membaca bagian artikel “ BAGAIMANA MELAKUKAN EFT” di www.practical-eft.blogspot.com.

Ada empat langkah yang harus dilakukan untuk melakukan EFT. Di mana prosedur ini digunakan untuk tujuan apa saja, yaitu :
1. The setup
Langkah pertama ini bertujuan mempersiapkan energi sistim untuk diarahkan pada masalah yang akan ditangani. Prosedur ini sangat vital terhadap keseluruhan proses.
2. The sequence
Langkah kedua adalah melakukan tapping (ketukan ringan) dengan menggunakan ujung jari pada titik-titik meridian tubuh. Titik-titik meredian ini sebenarnya adalah titik-titik akupunktur yang sudah disederhanakan menjadi 18 titik.
Lihat juga bagian artikel “TITIK MEREDIAN TUBUH”
3. 9 gamut procedure
Langkah ketiga merupakan langkah yang cukup lucu. Tapi langkah ini dimaksudkan untuk menstimulasi otak dengan melakukan 9 langkah sambil mentapping titik gamut spot.
Lihat juga bagian artikel “TITIK MEREDIAN TUBUH”
4. The sequence

Langkah terakhir ini dilakukan persis sama seperti langkah kedua.
Contoh kasus :
Seseorang mempunyai perasaan kawatir kepada anak perempuannya. Hal ini terkait dengan masalah rumah tangga yang sedang dihadapinya. Bila kekawatiran ini datang, Ia merasakan jantungnya yang berdebar-debar.Setelah dilakukan tapping pada aspek kekawatiran ini, Ia menjadi lebih tenang dan debar-debar pada jantungnya menjadi hilang.
Anak-anak kita
juga mengalami luka-luka emosional, yang sangat banyak dari orang tua tidak mengetahui akan hal itu. Luka-luka emosional itu bisa datang dari lingkungan mainnya, di sekolahnya, ataupun di rumahnya. EFT dapat membantu orang tua untuk mengatasi luka-luka emosional anaknya agar tidak terbawa hingga dewasa yang akan berpengaruh pada perilaku, keyakinan dan kebiasaannya anak.

Anda Ingin mengetahui lebih jauh Apa itu Emotional freedom Tachnique ?
Silahkan Anda bergabung di milis practical-eft@yahoogroups.com

Tidak ada komentar: